Belajar Android : Mengenal Apa Itu Activity Pada Aplikasi Android

(Image: Learn2Crack.com)
Pada kesempatan sebelumnya kita seudah membahas tentang layout pada android, dan kali ini kita akan membahas tema yang masih berhubungan erat dengan layout yaitu activity.

Sebelum membahas lebih jauh apa itu activity dari bahasa saja kita sudah bisa ditebak apa itu activity, secara bahasa activity berarti aktifitas atau kegiatan, pada android tampilan aplikasi yang sedang dijalankan atau di buka itu disebut dengan activity.

Menurut penjelasan yang saya kutip dari android.com Activity adalah sebuah komponen aplikasi yang menyediakan layar yang digunakan pengguna untuk berinteraksi guna melakukan sesuatu, misalnya memilih nomor ponsel, mengambil foto, mengirim email, atau menampilkan peta. Tiap aktivitas diberi sebuah jendela untuk menggambar antarmuka penggunanya. Jendela ini biasanya mengisi layar, namun mungkin lebih kecil daripada layar dan mengambang di atas jendela lain.

Sebuah aplikasi biasanya terdiri atas beberapa aktivitas yang terikat secara longgar satu sama lain. Biasanya, satu aktivitas dalam aplikasi ditetapkan sebagai aktivitas "utama", yang ditampilkan kepada pengguna saat membuka aplikasi untuk pertama kali. Tiap aktivitas kemudian bisa memulai aktivitas lain untuk melakukan berbagai tindakan. Tiap kali aktivitas baru dimulai, aktivitas sebelumnya akan dihentikan, namun sistem mempertahankan aktivitas dalam sebuah tumpukan ("back-stack"). Bila sebuah aktivitas baru dimulai, aktivitas itu akan didorong ke atas back-stack dan mengambil fokus pengguna. Back-stack mematuhi mekanisme dasar tumpukan "masuk terakhir, keluar pertama", jadi, bila pengguna selesai dengan aktivitas saat ini dan menekan tombol Kembali, aktivitas akan dikeluarkan dari tumpukan (dan dimusnahkan) dan aktivitas sebelumnya akan dilanjutkan. (Back-stack dibahas selengkapnya dalam dokumen Tugas dan Back-Stack.)

Bila aktivitas dihentikan karena ada aktivitas baru yang dimulai, aktivitas lama akan diberi tahu tentang perubahan status ini melalui metode callback daur hidupnya. Ada beberapa metode callback yang mungkin diterima aktivitas, karena sebuah perubahan dalam statusnya—apakah sistem sedang membuatnya, menghentikannya, melanjutkannya, atau menghapuskannya—dan masing-masing callback memberi Anda kesempatan melakukan pekerjaan tertentu yang sesuai untuk perubahan status itu. Misalnya, bila dihentikan, aktivitas Anda harus melepas objek besar, seperti koneksi jaringan atau database. Bila aktivitas dilanjutkan, Anda bisa memperoleh kembali sumber daya yang diperlukan dan melanjutkan tindakan yang terputus. Transisi status ini semuanya bagian dari daur hidup aktivitas.

Bagian selebihnya dari dokumen ini membahas dasar-dasar cara membangun dan menggunakan aktivitas, yang meliputi satu pembahasan lengkap tentang cara kerja daur hidup aktivitas, sehingga Anda bisa dengan benar mengelola transisi di antara berbagai status aktivitas.

Sudah jelas kan tentang activity atau aktifitas ini? Pada postingan berikutnya kita akan belajar untuk membuat beberapa activity pada android, jadi jangan lupa untuk selalu mengunjungi blog kita ya guys! :D

Belum ada Komentar untuk "Belajar Android : Mengenal Apa Itu Activity Pada Aplikasi Android"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel